Inilah Rahasia Kicauan Burung dan Kepakan Sayapnya di Dalam Al-Quran

KETAHUILAH, seluruh makhluk yang ada di muka bertasbih kepada Allah swt. termasuk burung. Baik burung kicau, burung hiasan, bahkan burung hantu sekalipun.

Suara dan kepakan sayapnya adalah tanda-tanda kebesaran Allah di muka bumi. Allah swt memberitahukan kepada manusia di dalam Al-Quran yang mulia, bahwa burung pun bertasbih dan shalat menyembah Allah swt.

Hal ini ditegaskan Allah swt di dalam surat An-Nur ayat 41 sampai 42. Allah swt berfirman:

“Tidakkah kamu tahu bahwa, kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) shalat dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan kepada Allah-lah kembali (semua makhluk). Masing-masing makhluk mengetahui cara shalat dan tasbih kepada Allah dengan ilham dari Allah.” (QS. An-Nuur, 24: 41-42).

Ayat di atas sangat jelas memberitahukan kepada kita umat manusia dan jin, bahwa suara burung dan kepakan sayapnya mengandung tasbih dan shalat kepada Allah swt.

BACA JUGA  Benarkah Kicau Mania adalah Orang-orang Pecinta Burung? Atau…..

Masing-masing makhluk memiliki cara tersendiri untuk menyembah Yang Maha Kuasa. Sesuai dengan apa yang diilhamkan kepada makhluk tersebut.

Dalam tafsir Al-Jami’ Li Ahkaam Al-Quran karya Imam Al-Qurthubi, dijelaskan bahwa Sufyan berkata, burung juga shalat, namun shalatnya tidak mengandung ruku dan sujud.[1]

Imam Al-Qurthubi berkata, menurut suatu pendapat, kepakan sayap yang dilakukan burung adalah shalatnya, dan suaranya adalah tasbihnya. Inilah pendapat yang diriwayatkan oleh An-Naqqasy.[2]

Adapun dalam Tafsir Ibnu Katsir, dijelaskan bahwa pada ayat di atas Allah mengabarkan bahwa seluruh makhluk yang berada di langit dan di bumi senantiasa bertasbih kepada-Nya. Para makhluk itu adalah Malaikat, manusia, jin, hewan, bahkan benda-benda mati sekalipun. Sebagaimana firman-Nya:

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS Al-Israa’: 44).

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata, di saat burung terbang burung itu bertasbih kepada Rabb-nya. Ia menyembah-Nya dengan bertasbih dengan cara yang Allah ilhamkan dan Allah ajarkan kepadanya. Allah Maha Mengetahui apa saja yang dikerjakan oleh burung itu.

BACA JUGA  Apa Hukum Memelihara Burung Kicau dalam Islam?

Oleh sebab itu, Allah berfirman: Masing-masing telah mengetahui (cara) shalat dan tasbihnya,” Maksdunya, masing-masing dari makhluk itu telah Allah ajarkan etika dan cara mereka dalam beribadah kepada-Nya.[3]

Hikmah yang bisa kita petik dari ayat yang mulia ini adalah, kita jangan sampai lupa menyembah kepada Allah swt, dan jangan sampai kita melupakan waktu-waktu shalat, sebab semua makhluk berlomba-lomba bertasbih dan shalat kepada Allah swt. Termasuk burung yang kita pelihara.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam tulisan kali ini, semoga bermanfaat buat kita semua, dan segala puji hanya kepada Allah.

Sampai jumpa lagi di internet…..

Dengar Al-Quran Surat An-Nuur ayat 41 tentang Burung

Downloa Al-Quran Surat An-Nuur ayat 41 tentang Burung di bawah ini

DOWNLOAD BRO... 4.3 MB

—————

[1] Tafsir Al-Jami’ Li Ahkaam Al-Quran karya Imam Al-Qurthubi, QS An-Nuur ayat 41-42. Jilid 12 Hal. 719. Pustakan Azzam, Maret 2008.

[2] Tafsir Al-Jami’ Li Ahkaam Al-Quran karya Imam Al-Qurthubi, QS An-Nuur ayat 41-42. Jilid 12 Hal. 719. Pustakan Azzam, Maret 2008.

BACA JUGA  Download Suara Burung Kacer Mp3 Master Untuk Pancingan

[3] Tafsir Imam Ibnu Katsir, QS. An-Nuur, 24: 41. Jilid 6, Hal. 415. Pustaka Ibnu Katsir, Juni 2011.

loading...