Burung Kacer, Asal-usul dan Sejarahnya

Nama                    : Burung Kacer

Nama Lain           : Kucica Kampung

Nama Latin         : Copsychus saularis

Sebaran               : Asia Selatan, dan  Asia Tenggara

Suara                     : DOWNLOAD KACER MP3 MASTER

Laman Wikipedia Bahasa Indonesia menjelaskan, Kucica kampung (bahasa Latin: Copsychus saularis) adalah burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae (murai), tetapi kini dianggap sebaagi anggota Muscicapidae.

Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Ekornya terangkat ke atas jika mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger.

Burung ini banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan Asia tenggara. Di Indonesia burung ini mulai langka karena penangkapan yang berlebihan untuk dipelihara.

Nama Lain dari Kucica Kampung adalah Kacer, Burung ini suka menjelajah di berbagai lingkungan yang kecepatan terbangnya bisa mengungguli kerabatnya Murai Batu. bahkan dari burung berbulu hitam, berekor panjang seperti lidi. Burung Kacer banyak mendiami dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Bahkan tidak jarang ada yang terlihat di perumahan penduduk.

BACA JUGA  Murai Batu, Asal-usul dan Sejarahnya

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, burung bertubuh gempal ini di kenal dengan sebutan Srintil. Burung Kacer terbilang sangat aktif mencari makan. Mulai dari pohon Kelapa, Randu, Pisang atau ranting pohon kering. Burung ini terlihat sendiri. Akan tetapi selalu bersama pasanganya pada saat musim kawin. (source: diolah dari Wikipedia).

loading...