Burung Hud Hud, Keindahan dan Keistimewaanya di Dalam Al-Quran

SALAH satu burung yang disebutkan di dalam Al-Quran adalah burung Hud Hud. Burung yang dimiliki dan dapat menerima perintah dari Nabi Sulaiman as.

Burung ini ternyata memiliki keindahan luar biasa. Warnanya yang sejuk, serta mahkotanya yang indah, menjadikan burung ini istimewa.

Burung Hud Hud termasuk salah satu burung yang juga sangat disukai oleh bangsa Yahudi. Hal ini karena mereka juga memahami tentang kisah Nabi Sailaman as. Allah mengisahkan dialog antara Nabi Sulaiman as dengan Burung Hud Hud sebagai berikut:

“Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata, “Mengapa aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan azab yang keras, atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang.”Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata, “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini. Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.” (QS. An-Naml:22-23)

loading...